Pesan Moral Film Teacher’s Diary

  1.  Seorang guru adalah contoh untuk murid-muridnya. Dalam film ini Ann seorang guru dipindahkan oleh kepala sekolah ditempatnya mengajar, ke sekolah SD terpencil yang disebut dengan “Sekolah Kapal “ karena dia memiliki tato di tangannya. Walaupun dalam film ini guru Ann sendiri ingin membuktikan bahwa tato tersebut tidak bermasalah dan tidak akan mengganggu dalam kegiatan belajar mengajarnya , karena menurutnya  yang terpenting dalam KBM adalah bagaimana guru itu mengajar agar murid-muridnya faham. Tetapi alangkah baiknya apabila hal-hal yang kurang baik dipandang masyarakat dan agama , seharusnya guru tidak melakukan hal-hal tersebut. 
  2. Seorang guru itu harus bisa mengayomi, menjaga dan menjadi orang tua kedua di dalam lingkungan belajar mengajar. Hal ini bisa dilihat di dalam film ini dimana guru Ann dan Song yang senantiasa menjaga , meyakinkan dan melindungi murid-muridnya dalam menghadapi segala kondisi yang tiba-tiba bisa terjadi agar para murid merasa aman, dan yakin bahwa semua akan baik-baik saja. 
  3. Seorang guru harus selalu memberikan motivasi kepada murid-muridnya agar mereka tetap mau dan semangat dalam belajar. Di film ini bisa dilihat ketika seorang siswa dari sekolah kapal bernama Chon gagal ujian , guru Son selalu memberikan semangat dan motivasi kepada siswa tersebut.  
  4. Seorang guru harus pintar dalam  menggunakan media pembelajaran. Harus jeli, bahwa dilingkungan sekitar kita ternyata banyak sekali yang bisa digunakan untuk menjadi media pembelajaran. Seperti dalam film ini, kedua tokoh guru yaitu Ann dan Song mereka keduanya sering sekali menggunakan media-media pembelajaran yang sebelumnya tidak akan terfikirkan oleh kita. Ann dia mengajarkan matematika sambil masak, mengajarkan fisika tentang Gaya dengan langsung mengajak anak untuk prakrik langsung di air. Sedangkan Song ketika seorang muridnya yang bernama Chon tidak mengerti cara menghitung kecepatan kereta api
  5. Dalam kegiatan pembelajaran seharusnya pihak sekolah memberikan kebebasan kepada para guru agar mereka bisa mengembangkn gaya mengajar mereka. Yang penting sekolah tetap mengawasi agar  para guru tetap berada di jalur norma-noma yang tidak melenceng. 
  6. Seorang guru harus menganggap murid-muridnya sebagai anaknya sendiri. Jadi alangkah sedihnya apabila anaknya sendiri tidak bisa melanjutkan sekiolah. 
  7. Dimanapun tempatnya pastilah ada anak-anak yang ingin belajar dan mempunyai semangat belajar tapi terhambat atau bahkan mereka tidak bisa mengenyam pendiidkan karena fasilitas dan guru yang tidak tersedia. 
  8. Tidak boleh seorang guru itu terlihat tidak menguasai materi yang akan diajarkan  kepada  muridnya.karena hal itu akan menurunkan minat belajar siswa dan ketidak percayaan siswa terhadap gurunya. Untuk mengatasi hal  tersebut setidaknya setiap sebelum mengajar sang guru harus memeplajari terlebih dahulu materi yang akan disampaikan kepada muridnya. 
  9. . Belajar menjadi lebih baik bisa didapat dari belajar kisah hidup orang lain. Contohnya si  Song yang belajar dari kisah hidup Ann, sehingga dia bisa berubah menjadi guru yang lebih baik.  
  10. Belajar yang memahamkan adalah belajar yang melalui pengalaman karena dia belum pernah melihat kereta akhirnya dia menggunakan kapal dan sekolah kapal sebagai media pembelajarn yang menyerupai kereta api. 

Related Posts:

0 Response to "Pesan Moral Film Teacher’s Diary "

Posting Komentar

jangan lupa tinggalkan komentar anda ya.. :)